11 Ilusi Optik Karena Pola, Warna, Cahaya dan Perspektif

Tidak ada yang salah dengan mata anda, ini semua disebabkan karena ilusi

Ilusi Optik

Ilusi optik ( juga disebut ilusi visual) adalah sebuah ilusi yang disebabkan oleh sistem penglihatan dan gambaran yang ditangkap secara visual berbeda dengan kenyataan sebenarnya. Penyebabnya bisa karena pola, warna, cahaya maupun perspektif yang tidak biasa.

Berikut ini adalah beberapa gambar ilusi optik yang bakal membuat anda tertipu.

1. Titchener circles
Lingkaran Titchener
Lingkaran Titchener, bola orange mana yang lebih besar?
Ilusi Ebbinghaus ( dikenal juga sebagai Lingkaran Titchener ) Lingkaran oranye yang dikiri terlihat lebih kecil daripada lingkaran oranye yang dikanan, padahal ukurannya sama.

2.  Ilusi jaring Hermann

Hermann Grid

Titik-titik hitam pada pertemuan garis muncul dan menghilang dengan cepat.

3. Ilusi Jastrow
Jastrow Illusion
Jastrow-Illusion, Gbr A tampak lebih pendek
Terlihat bahwa gambar B lebih panjang dari gambar A. Ini karena tepi yang lebih panjang milik "B" berbatasan langsung dengan tepi milik "A" yang lebih pendek.

4. Ilusi Spiral Fraser
Ilusi Spiral-Fraser
Ilusi-Spiral-Fraser
Ilusi spiral Fraser adalah ilusi optik yang pertama kali dijelaskan oleh psikolog Inggris Sir James Fraser (1863 - 1936) pada tahun 1908. Ilusi ini dikenal juga sebagai "Spiral Palsu". Pada gambar tersebut kita melihat spiral, padahal itu adalah gambar lingkaran - lingkaran.

5. Cincin Yang Berputar
Cincin yang berputar
Cincin yang berputar
Pusatkan mata anda pada titik hitam ditengah lingkaran, lalu mundurkan kepala anda dari layar, maka lingkaran tersebut akan berputar. Sekarang coba maju mundurkan kepala anda dan apa yang terjadi?

6. Ilusi Ular yang berputar
linkaran ini seperti ular yang bergerak
Lingkaran yang seperti ular belang ini tampak berputar

7. Biji kopi yang bergerak


Biji kopinya tampak seperti bergelombang ?

8. Ilusi Monster (Monster Illusion)
Monster illusion
Dua gambar monster tersebut sebenarnya sama besar,tapi kamu pasti menganggap tidak sama besar.

9. Warna yang Menghilang
ilusi warna
Tatap tengah gambar tersebut tanpa menggerakkan mata sekitar 30 detik, dan perhatikan perlahan-lahan warnanya akan hilang.

10. Ilusi Hering

Kedua garis merah tersebut kelihatan melengkung. Ilusi Hering adalah salah satu ilusi optik-geometris dan ditemukan oleh ahli fisiologi Jerman Ewald Hering pada tahun 1861. Bila dua garis lurus dan sejajar dipresentasikan di depan latar belakang radial (seperti jari-jari sebuah sepeda), garis-garis itu tampak seolah-olah melengkung ke arah luar.

11. Ilusi Papan Catur
Tingkat ke hitaman kotak A dan B tampak beda, padahal sama

Ilusi papan catur ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1995 oleh Edward Adelson, seorang profesor di MIT. Meskipun kotak berlabel "A" nampak lebih gelap dari pada kotak berlabel "B", sebenarnya warna dari kedua kotak tersebut sama. Kamu percaya?

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

Anjing,2,Antivirus,1,Bitcoin,2,Cryptocurrency,1,Fotografi,1,Google,1,Helm,1,Hewan Langka,1,Hiburan,1,Ilusi Optik,1,Internet,1,Kapal Selam,1,Kesehatan,1,Kode Prefix GSM,1,Kominfo,1,Mancanegara,4,Misteri,1,Music,1,Nasional,3,Operator Selular,1,petualangan,1,PT PAL,1,Rubik,1,Segitiga Bermuda,1,Sepeda Motor,1,Serba-Serbi,6,Software,1,Teknologi,5,wissemu,1,
ltr
item
Satu Berita Banyak Pengetahuan: 11 Ilusi Optik Karena Pola, Warna, Cahaya dan Perspektif
11 Ilusi Optik Karena Pola, Warna, Cahaya dan Perspektif
Tidak ada yang salah dengan mata anda, ini semua disebabkan karena ilusi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidadKyJ6wOiekGr10yDfGI8SQSMBxhRZ4XUCx8x5xHexEOS71Xi3szyhdnj4qmu7HT1ELmB_gtk8WC-hKbFL-vCSU6vHEozxifX4qrga5E8ZeIVqTCxklJYInOYCj0sCOoPGMz1mLiLduO/s400/Ilusi-Optik.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidadKyJ6wOiekGr10yDfGI8SQSMBxhRZ4XUCx8x5xHexEOS71Xi3szyhdnj4qmu7HT1ELmB_gtk8WC-hKbFL-vCSU6vHEozxifX4qrga5E8ZeIVqTCxklJYInOYCj0sCOoPGMz1mLiLduO/s72-c/Ilusi-Optik.jpg
Satu Berita Banyak Pengetahuan
https://satuwarta.blogspot.com/2017/07/11-ilusi-optik-pola-warna-cahaya-dan-perspektif.html
https://satuwarta.blogspot.com/
https://satuwarta.blogspot.com/
https://satuwarta.blogspot.com/2017/07/11-ilusi-optik-pola-warna-cahaya-dan-perspektif.html
true
7320188809956305228
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy